Erwinia papayae Syn. Bacillus papayae


1.     Gejala
Penyakit pada daun papaya ini pertama kali dilaporkan terjadi di Jawa Timur. Penyakit ini menimbulkan kerugian yang besar terutama pada musim penghujan. Gejala yang ditimbulkan adalah pada tanaman muda daun menguning dan membusuk. Umumnya setelah beberapa lama tanaman akan mati pada tanaman atas, lama-kelamaan diikuti matinya seluruh tanaman. Tangkai daun dan batang yang masih hijau terdapat bercak kebasah-basahan. Pada tanaman muda daun menguning dan membusuk. Setelah beberapa lama bagian tunas-tunas muda mengalami kematian. Pada helaian daun yang besar terdapat bercak-bercak kering yang bentuknya tidak teratur, selanjutnya meluas sepanjang tulang-tulang
daun. Jika penyakit telah menyerang batang, batang akan membusuk, semua daunnya akan gugur dan pada akhirnya diikuti oleh matinya seluruh tanaman.
2.     Penyebab penyakit
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erwinia papayae. Sebelumnya pernah disebut sebagai Bacillus papayae. Bakteri ini berbentuk basil, panjang 1,0-1,5m, berantai, tidak berspora, gram negatif, dan aerob.
3.     Daur penyakit
E. papayae dapat ditularkan oleh serangga. Cara pemencaran lainnya belum pasti. Infeksi dapat terjadi pada sisi atas maupun sisi bawah daun. Percobaan penularan ke tanaman lain tidak memberikan hasil. Penyakit ini berkembang baik pada musim penghujan.
4.     Pengelolaan
Sebelum meluas hal yang bisa dilakukan adalah bagian tanaman yang terinfeksi segera dibuang (dipotong dan dibakar). Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan budidaya dan pengelolaan tanaman yang baik sehingga dapat terhindar dari penyakit ini. Pengendalian lain yang dapat dilakukan yaitu :
a.      Konsep budidaya tanaman sehat
b.     Pengendalian serangga pengunjung pada tanaman papaya karena bakteri layu erwinia ditularkan oleh serangga vektor dari tanaman sakit kepada tanaman sehat
c.      Pemusnahan tanaman yang telah terserang dengan dibakar (menghilangkan inokulum).












Gambar Gejala penyakit bakteri E. papayae pada pohon pepaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Virus Kuning

Pseudomonas solanacearum pada kacang tanah